Tautan-tautan Akses

Sengketa Spratly, Clinton Tantang Negara-Negara Tunjukkan Bukti Klaim


Menlu AS Hillary Rodham Clinton menghadiri pertemuan tingkat Menlu ASEAN di Bali (22/7).

Menlu AS Hillary Rodham Clinton menghadiri pertemuan tingkat Menlu ASEAN di Bali (22/7).

Menteri Clinton hari Sabtu mengatakan klaim Tiongkok dan negara-negara ASEAN berdasar hukum laut internasional tahun 1982.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton menantang pihak-pihak yang bersengketa di Laut Cina Selatan untuk menunjukkan bukti yang legal klaim wilayah mereka.

Menteri Clinton hari Sabtu mengatakan klaim Tiongkok dan beberapa anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, ASEAN, juga harus sesuai dengan hukum laut internasional tahun 1982.

Hari Jumat, Clinton menghargai semua pihak yang terlibat untuk mencapai persetujuan sementara mengenai penyelesaian sengketa wilayah di Laut Cina Selatan itu.

Persetujuan itu bertujuan untuk mencegah permusuhan atas beberapa pulau yang disengketakan dan potensi sumber-daya alam minyak dan gas-nya. Washington telah mengatakan penyelesaian damai klaim-klaim tersebut adalah baik bagi kepentingan keamanan nasional Amerika.

Tiongkok telah dituduh belakangan ini berusaha meng-intimidasi eksplorasi minyak oleh Filipina dan Vietnam di perairan yang juga diklaim oleh Taiwan, Brunai dan Malaysia.

XS
SM
MD
LG