Tautan-tautan Akses

Sengketa Paten Apple-Samsung Dibawa ke Pengadilan AS


Ponsel pintar produksi Samsung, Galaxy S (kiri) dan iPhone 4 produksi Apple di sebuah gerai elektronik (foto: dok). Apple menuduh Samsung menjiplak produk smartphone mereka.

Ponsel pintar produksi Samsung, Galaxy S (kiri) dan iPhone 4 produksi Apple di sebuah gerai elektronik (foto: dok). Apple menuduh Samsung menjiplak produk smartphone mereka.

Produsen smartphone AS, Apple mengklaim Samsung meniru desain perangkat iPhone dan iPad-nya yang populer dan menggunakannya untuk membuat perangkat Galaxy.

Dua produsen smartphone (ponsel pintar) terbesar dunia, perusahaan Amerika Apple dan perusahaan Korea Selatan Samsung Electronics, bersiap bertarung di sebuah pengadilan Amerika, berkenaan dengan klaim hak paten bagi produk-produk populer mereka.

Miliaran dolar dipertaruhkan dalam sengketa yang akan diputuskan juri di California, tidak jauh dari kantor pusat Apple. Proses pengadilan, yang Senin ini dimulai dengan pemilihan anggota tim juri, diperkirakan akan berlangsung beberapa pekan. Ini adalah satu dari sekian kasus yang diajukan kedua raksasa teknologi itu di pengadilan-pengadilan di empat benua.

Dominasi industri teknologi perangkat bergerak bernilai 312 miliar dolar dipertaruhkan. Pada periode April hingga Juni tahun ini saja, konsumen membeli lebih dari 400 juta unit perangkat bergerak. Samsung menjual lebih dari 50 juta produk populer mereka, hampir dua kali lipat yang dijual Apple.

Apple mengklaim Samsung meniru desain perangkat iPhone dan iPad-nya yang populer dan menggunakannya untuk membuat perangkat Galaxy. Apple menuntut ganti rugi 2,5 miliar dolar atas apa yang disebutnya pelanggaran hak paten.

Samsung menyatakan memiliki bukti bahwa pada tahun 2006, beberapa bulan sebelum Apple memperkenalkan iPhone-nya yang pertama pada awal 2007, perusahaan itu mengembangkan generasi terbaru smartphone dengan bentuk persegi panjang dengan sudut-sudut bulat yang digunakan kedua perusahaan.
XS
SM
MD
LG