Tautan-tautan Akses

Sengketa Kuil Kuno di Perbatasan, Thailand Keluar dari Konvensi UNESCO


Kuil Hindu kuno berusia 900 tahun "Preah", yang terletak di perbatasan Thailand dan Kamboja, diakui sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO.

Kuil Hindu kuno berusia 900 tahun "Preah", yang terletak di perbatasan Thailand dan Kamboja, diakui sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO.

Keputusan Thailand itu diambil karena UNESCO menempatkan pengelolaan kuil Preah itu di bawah pengawasan Kamboja.

Thailand telah mengundurkan diri dari konvensi UNESCO tentang warisan dunia karena sengketa dengan Kamboja tentang sebuah kuil berusia 900 tahun yang terletak di perbatasan kedua negara.

Keputusan Thailand itu diambil karena UNESCO menempatkan pengelolaan kuil Preah itu di bawah pengawasan Kamboja. Thailand berkeras bahwa sengketa perbatasan itu diselesaikan lewat perundingan bilateral, dan marah karena adanya usaha campur tangan asing oleh PBB ataupun oleh kelompok ASEAN.

20 orang lebih tewas dan ribuan lainnya mengungsi sejak bulan Februari karena adanya konflik perbatasan itu. Kamboja minta bantuan pengadilan internasional untuk memaksa Thailand supaya menarik pasukannya dari kawasan sengketa dekat kuil itu, tapi pengadilan belum mengeluarkan keputusan.

Kuil Preah dinyatakan sebagai warisan dunia tahun 2008. Kedua negara sepakat bahwa kuil itu terletak di kawasan Kamboja, tapi jalan masuk ke kuil itu harus melewati Thailand.

XS
SM
MD
LG