Tautan-tautan Akses

Sengketa Gletser India-Pakistan Terus Berlanjut


Delegasi pertahanan India dan Pakistan melakukan pembicaraan dua hari di Rawalpindi mengenai kawasan perbatasan di gletser Siachen.

Delegasi pertahanan India dan Pakistan melakukan pembicaraan dua hari di Rawalpindi mengenai kawasan perbatasan di gletser Siachen.

Pembicaraan terbaru kedua negara mengenai upaya demiliterisasi di kawasan perbatasan gletser Siachen, berakhir tanpa kesepakatan.

Pembicaraan terbaru antara Pakistan dan India mengenai apakah akan mengakhiri konflik militer puluhan tahun mengenai gletser Siachen berakhir tanpa kesepakatan.

Pertemuan dua hari itu berakhir Selasa di kota Rawalpindi, Pakistan, dengan komitmen bersama bagi upaya-upaya serius, berkelanjutan dan berorientasi pada hasil untuk mencapai penyelesaian damai bagi masalah tersebut. Menteri Pertahanan India

Shashikant Sharma dan menteri Pertahanan Pakistan Nargis Sethi setuju untuk bertemu kembali pada tanggal yang bakal ditetapkan melalui saluran diplomatik.

Ini merupakan pembicaraan ke-13 dan pertemuan pertama bagi kedua pihak untuk membahas isu tersebut sejak April, sewaktu salju longsor menimbun 140 tentara Pakistan dan staf yang ditempatkan di markas Siachen. Markas tersebut berlokasi pada ketinggian 4.000 meter di atas permukaan laut, hanya beberapa kilometer dari pos perbatasan India, dan dikenal sebagai medan tempur tertinggi di dunia.

Insiden April lalu mendorong munculnya imbauan bagi Pakistan dan India agar menarik pasukan mereka dari gletser yang disengketakan, di mana lebih banyak tentara yang meninggal akibat cuaca buruk daripada karena pertempuran.

Konflik di Siachen dimulai pada tahun 1982 sewaktu pasukan India menduduki posisi-posisi di ujung utara batas yang memisahkan wilayah Kashmir di Himalaya. Paksitan menanggapi aksi tersebut dengan mendirikan pos-pos di Siachen.
XS
SM
MD
LG