Tautan-tautan Akses

Senegal Gagalkan Rencana Penggulingan Pemerintah


Demonstrasi di Dakar, Sabtu (19/3), bertepatan dengan 11 tahun berkuasanya Presiden Abdoulaye Wade.

Demonstrasi di Dakar, Sabtu (19/3), bertepatan dengan 11 tahun berkuasanya Presiden Abdoulaye Wade.

Menurut seorang menteri Senegal, para tersangka menargetkan sejumlah lokasi, termasuk sebuah pasar yang ramai di pusat kota Dakar.

Senegal telah menggagalkan sebuah usaha untuk menggulingkan pemerintah Presiden Abdoulaye Wade, dan menangkap para tersangka yang diduga merencanakan serangan di ibukota.

Menteri Kehakiman Cheikh Tidiane Sy mengatakan melalui televisi pemerintah, para tersangka menargetkan sejumlah lokasi, termasuk sebuah pasar yang ramai di pusat kota Dakar. Pengumuman demikian disampaikan beberapa saat sebelum ribuan orang berdemonstrasi di Dakar, Sabtu, menentang Presiden Wade dan kondisi kehidupan yang buruk.

Banyak demonstran mengatakan tuduhan pemerintah akan adanya usaha kudeta ditujukan untuk melemahkan demonstrasi. Polisi dan pasukan keamanan dikerahkan di berbagai penjuru Dakar namun dilaporkan tidak ada kekerasan.

Demonstrasi dilangsungkan bertepatan dengan peringatan 11 tahun kekusaan Wade sebagai presiden dan diadakan di Lapangan Kemerdekaan Dakar. Pengelola demonstrasi menganggap lokasi itu “Lapangan Tahrir” Senegal. Lapangan Tahrir adalah lokasi utama pergolakan anti-pemerintah di Mesir bulan lalu.

XS
SM
MD
LG