Tautan-tautan Akses

AS

Senator Liberal AS Ikut Bersaing dalam Nominasi Presiden 2016


FILE - Sen. Bernie Sanders, I-Vt., center, plans to announce Thursday that he is running for the 2016 Democratic presidential nomination.

FILE - Sen. Bernie Sanders, I-Vt., center, plans to announce Thursday that he is running for the 2016 Democratic presidential nomination.

Senator Bernie Sanders dari negara bagian Vermont mengatakan ia akan ikut bersaing dalam nominasi presiden 2016 oleh Partai Demokrat.

Senator Sanders mengungkapkan rencananya itu dalam wawancara dengan Associated Press dan USA Today. Ia akan mengadakan konferensi pers hari Kamis ini untuk menyampaikan rencananya secara lebih terinci.

Pria berusia 73 tahun yang mengaku sebagai sosialis ini menempatkan dirinya sebagai senator independen, tetapi telah menjadi bagian dari kaukus Senat Demokrat sejak ia pertama kali terpilih pada tahun 2006.

Bersama senator Senator Elizabeth Warren dari Massachussetts, Sanders telah menjadi senator favorit di kalangan sayap kiri Partai Demokrat karena pendiriannya mengenai isu-isu seperti mengurangi ketimpangan pendapatan, memperkuat jaminan sosial atau Social Security, memberlakukan peraturan yang lebih ketat di Wall Street dan tentangan terhadap kesepakatan perdagangan bebas, termasuk Kemitraan Trans Pasifik yang kini dinegosiasikan oleh Presiden Barack Obama.

Senator Sanders dianggap jauh berada di belakang mantan menteri luar negeri Hillary Clinton, satu-satunya calon yang telah menyatakan untuk mencalonkan diri dalam nominasi Partai Demokrat 2016, tetapi keikutsertaan Sanders dalam persaingan itu bisa memaksa Nyonya Clinton untuk mengangkat pandangan-pandangan serupa yang dimiliki oleh Sanders.

XS
SM
MD
LG