Tautan-tautan Akses

AS

Senator John Kerry Calon Terkuat Menlu AS


Ketua Komite Senat AS untuk Urusan Luar Negeri, John Kerry, di gedung Senat. (AP/J. Scott Applewhite)

Ketua Komite Senat AS untuk Urusan Luar Negeri, John Kerry, di gedung Senat. (AP/J. Scott Applewhite)

Mundurnya Duta Besar untuk PBB, Susan Rice, dari bursa pencalonan menlu AS memunculkan nama senator John Kerry sebagai kandidat terkuat.

John Kerry, senator dari Partai Demokrat yang sempat mencalonkan diri menjadi presiden Amerika Serikat pada 2004, menjadi calon teratas daftar kandidat menteri luar negeri yang dimiliki Presiden Barack Obama, setelah Duta Besar AS untuk PBB, Susan Rice, mengundurkan diri dari pencalonan.

Mundurnya Rice serta naiknya Kerry mengguncang Washington pada Kamis (13/12) waktu setempat, ditambah lagi dengan kemungkinan penguatan tim keamanan nasional Obama bulan depan. Chuck Hagel, mantan senator Partai Republik dari negara bagian Nebraska, menjadi calon terkuat untuk menjadi menteri pertahanan.

Baik Kerry maupun Hagel merupakan veteran Perang Vietnam, yang satu di Angkatan Laut dan lainnya di Angkatan Darat.

Pengumuman resmi penggantian Menteri Luar Negeri Hillary Rodham Clinton dan Menteri Pertahanan Leon Panetta dalam kabinet Obama akan dikeluarkan paling awal minggu depan.

Kerry, yang telah menjadi senator selama 30 tahun dan merupakan ketua Komite Senat untuk Hubungan Luar Negeri, telah mendapat pujian dari kolega-koleganya baik dari Partai Demokrat maupun Republik. Ia merupakan duta kepercayaan Obama untuk daerah-daerah panas seperti Afghanistan dan Pakistan, wakil pemerintah untuk pembicaraan pengurangan senjata nuklir dengan Rusia pada 2010 dan “pemeran pengganti” Mitt Romney dalam persiapan debat yang dilakukan Obama.

Hagel merupakan anggota senior Komite Luar Neger selama periodenya di Senat. Ia dan Obama menjadi akrab ketika mereka sama-sama di Senate dan sering bepergian ke luar negeri bersama. Hagel memancing kemarahan beberapa anggota Partai Republik menyusul keluhannya karena partai tersebut bergerak terlalu jauh ke sayap kanan, dan dukungannya pada calon-calon Partai Demokrat.

Partai Demokrat menyalahkan situasi politik atas hilangnya Rice dari daftar nominasi. Rice pantas mendapat rasa hormat yang lebih dibandingkan yang ditunjukkan oleh para senator dari Partai Republik, ujar senator Harry Reid. (AP/Donna Cassata)
XS
SM
MD
LG