Tautan-tautan Akses

AS

Senator AS Ragukan Kenaikan Peringkat Malaysia dalam Perdagangan Manusia


Senator Bob Corker dari Partai Republik, yang juga ketua Komisi Hubungan Luar Negeri.

Senator Bob Corker dari Partai Republik, yang juga ketua Komisi Hubungan Luar Negeri.

Senator Bob Corker menuduh Departemen Luar Negeri Amerika meningkatkan peringkat Malaysia karena alasan politis.

Seorang senator Amerika yang terkemuka menuntut agar Departemen Luar Negeri Amerika menyerahkan semua dokumen yang digunakanya untuk menaikkan Malaysia dari peringkat paling rendah ke tingkat yang lebih tinggi dalam laporan perdagangan manusia dunia tahun ini.

Senator Bob Corker dari Partai Republik, yang juga ketua Komisi Hubungan Luar Negeri, mengancam akan memaksa penyerahan dokumen kalau Departemen Luar Negeri tidak mematuhinya. Ia mengatakan akan ada konsekuensi serius jika ada dokumen yang dirusak.

Corker dan para senator lain menuduh Departemen Luar Negeri Amerika meningkatkan peringkat Malaysia dan negara-negara lain -- termasuk China, India, Meksiko dan Kuba – karena alasan politis. Dalam kasus Malaysia, mereka mengatakan kenaikan peringkat negara itu adalah untuk memungkinan negara tersebut boleh turut dalam persetujuan perdagangan Kemitraan Trans-Pasifik Presiden Barack Obama.

Laporan perdagangan manusia menyusun peringkat lebih dari 180 negara berdasarkan apa yang dilakukan pemerintah mereka untuk memerangi kejahatan seperti perbudakan dan perdagangan seks.

Negara-negara peringkat terendah dimasukkan dalam satu kategori yang dinamakan “Tier 3” atau lapisan dan dapat dikenakan sanksi. Langkah berikut adalah yang disebut “daftar yang diawasi”.

Malaysia berada dalam Tier 3 dalam laporan tahun 2014, dan dinaikkan ke daftar yang diawasi untuk laporan tahun ini.

XS
SM
MD
LG