Tautan-tautan Akses

Senator AS Perkenalkan Resolusi Batasi Peran Militer AS di Libya


Dua senator senior AS, John Kerry (kiri) dan John McCain (kanan) memperkenalkan resolusi soal operasi militer AS di Libya (21/6).

Dua senator senior AS, John Kerry (kiri) dan John McCain (kanan) memperkenalkan resolusi soal operasi militer AS di Libya (21/6).

Resolusi itu memberi kewenangan AS untuk menjadi bagian koalisi internasional melawan Gaddafi, namun akan dibatasi hanya satu tahun.

Dua senator Amerika telah mengajukan rancangan yang membatasi peran militer Amerika di Libya.

Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri John Kerry dari Massachusetts, Demokrat dan John McCain dari Arizona, anggota senior partai Republik dalam Komisi Angkatan Bersenjata berbicara mengenai rencana itu di ruang Senat hari Selasa.

McCain mengatakan resolusi itu akan memberi Presiden Barack Obama kewenangan untuk tetap menjadi bagian koalisi internasional melawan Moammar Gaddafi. Namun kewenangan itu dibatasi hanya setahun.

McCain membela intervensi Amerika di Libya namun tidak setuju dengan keputusan Obama memerintahkan operasi militer tiga bulan lalu tanpa persetujuan kongres. Keputusan itu membuat pihak Republik dan Demokrat di DPR dan Senat marah.

Sebagian anggota DPR Amerika sedang berupaya memangkas pendanaan operasi itu.

XS
SM
MD
LG