Tautan-tautan Akses

Senator AS: Kecil Kemungkinan Pengadilan Sipil Adili Tersangka Teror


Senator terkemuka AS, Joe Lieberman.

Senator terkemuka AS, Joe Lieberman.

Senator Joe Lieberman meramalkan kecil kemungkinan tersangka teror lainnya akan diadili di pengadilan-pengadilan sipil Amerika.

Seorang senator terkemuka meramalkan kecil kemungkinannya tersangka teror lainnya akan diadili di pengadilan-pengadilan sipil Amerika.

Senator independen Joe Lieberman memberitahu VOA hari Kamis tahanan pertama Guantanamo yang dinyatakan tidak bersalah atas 279 dari 280 dakwaan itu – meminjam kata-katanya – “hampir merupakan lonceng kematian” atas pendekatan pemerintahan Obama.

Lieberman – yang mengepalai Komisi Pemerintahan dan Keamanan Dalam Negeri Senat – mengatakan vonis itu akan mengakibatkan hampir mustahil untuk menutup fasilitas di Teluk Guantanamo.

Dewan juri federal di New York memutus warga Tanzania Ahmed Ghailani bersalah hanya atas satu dakwaan hari Rabu terkait pemboman mematikan tahun 1998 terhadap kedutaan besar Amerika di Tanzania dan Kenya.

Dakwaan itu – konspirasi untuk menghancurkan harta benda milik Amerika dengan menggunakan bahan peledak – diancam dengan hukuman 20 tahun penjara sampai seumur hidup.

Human Rights Watch membela vonis itu hari Kamis. Organisasi itu memberitahu VOA putusan itu menunjukkan kemandirian dan kebijakan juri Amerika.

XS
SM
MD
LG