Tautan-tautan Akses

Senator AS: Invasi Rusia ke Ukraina Akan Tuai 'Konsekuensi Sangat Besar'


Senator John McCain dari Partai Republik dalam jumpa pers di Kyiv, Ukraina (15/3). (AP/David Azia)

Senator John McCain dari Partai Republik dalam jumpa pers di Kyiv, Ukraina (15/3). (AP/David Azia)

John McCain sangat prihatin terhadap berbagai laporan mengenai pasukan Rusia yang bergerak semakin dekat ke perbatasan Ukraina timur dan melakukan latihan militer.

Senator Amerika dari faksi Partai Republik, John McCain mengatakan, invasi Rusia ke Ukraina timur akan menjadi pelanggaran dengan "konsekuensi sangat besar" dan bisa menuai tanggapan sangat tajam dari Amerika dan Eropa.

McCain pada Sabtu (15/3) berbicara dari Kyiv sebagai anggota delegasi Senat Amerika yang bertemu para pemimpin sementara Ukraina dan oposisi.

Senator itu menyatakan ia sangat prihatin terhadap berbagai laporan mengenai pasukan Rusia yang bergerak semakin dekat ke perbatasan Ukraina timur dan melakukan latihan militer.

Menurut McCain, jika Rusia menyerang Ukraina, Amerika dan sekutu Eropanya akan melakukan tindakan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya dalam hubungan mereka dengan Rusia.

McCain menilai referendum Minggu di Krimea "palsu", sementara senator dari fraksi Demokrat Dick Durbin menggambarkannya sebagai pemilu "gaya Soviet" di mana hasilnya sudah diketahui.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG