Tautan-tautan Akses

Senator-Senator AS Frustrasi dengan Korea Utara


Senator John McCain, salah satu Senator AS yang mengecam tindakan provokatif Korea Utara (foto: dok).

Senator John McCain, salah satu Senator AS yang mengecam tindakan provokatif Korea Utara (foto: dok).

Senator Amerika menyampaikan kemarahan, rasa tidak senang dan frustrasi karena Korea Utara meluncurkan roket minggu lalu.

Senator Partai Republik dan bekas calon presiden John McCain mengatakan tindakan Korea Utara bagian dari lingkaran agresi dan perundingan yang terus berlanjut. Ia menyerukan kepada Tiongkok, sekutu terdekat Korea Utara untuk menekan negara komunis tertutup itu untuk mengubah prilakunya

McCain mengatakan Amerika kini mengetahui bahwa bantuan pangan Amerika untuk Korea Utara dimonopoli militer Korea Utara dan elit negara itu. Senator Partai Republik Lindsey Graham setuju dan mengatakan pangan seharusnya tidak digunakan sebagai alat tawar menawar karena bahan pangan itu tidak mencapai rakyat yang dituju. Ia juga mengatakan masyarakat internasional seharusnya tidak berlega hati karena peluncuran roket Korea Utara gagal.

Sementara, Senator dari Partai Demokrat Carl Levin mengatakan ia sedikit lega karena peluncuran roket itu gagal.

Insiden hari Jumat lalu itu memicu perundingan darurat antara diplomat-diplomat Amerika dan Korea Selatan untuk merundingkan tanggapan.

Asisten Menlu Amerika untuk masalah Asia Timur, Kurt Campbell melawat ke Seoul Senin, dan kepala utusan nuklir Korea Selatan Kim Sung-nam berada di Washington sampai hari sejak Selasa - Kamis untuk melakukan perundingan dengan pejabat Departemen Luar Negeri.
XS
SM
MD
LG