Tautan-tautan Akses

Senator AS Dorong Penjualan Pesawat F-16 kepada Taiwan


Pesawat tempur F-16 milik AS seperti inilah yang diupayakan akan dijual ke Taiwan.

Pesawat tempur F-16 milik AS seperti inilah yang diupayakan akan dijual ke Taiwan.

Meskipun ditentang oleh Pemerintahan Obama, Kongres Amerika kemungkinan akan mengusahakan penjualan pesawat tempur canggih F-16 kepada Taiwan.

Seorang Senator mengatakan Kongres Amerika kemungkinan akan mengusahakan penjualan pesawat tempur canggih F-16 kepada Taiwan biarpun pemerintahan Obama menentang penjualan itu.

Pemerintahan Obama mengatakan mereka akan memutuskan sebelum Oktober apakah akan mengizinkan penjualan itu, yang sudah hampir pasti akan memancing kemarahan dari Tiongkok. Tetapi, laporan suratkabar mengatakan pejabat Amerika berencana menawarkan kepada Taiwan peningkatan kemampuan pesawat yang sudah ada, sebagai pengganti penjualan pesawat baru.

Senator John Cornyn dari partai Republik yang biasanya menentang kebijakan pemerintahan Obama, mengatakan hari Selasa bahwa kegagalan menjual kepada Taiwan ke-66 pesawat itu akan merongrong pertahanan pulau tersebut dan menghilangkan lebih dari 2 ribu pekerjaan di Amerika Serikat.

Ia mengatakan kalau penjualan itu tidak disetujui, para anggota Kongres mungkin akan berusaha memasukkannya dalam rancangan pengesahan anggaran tahunan pertahanan, yang mendanai berbagai program pertahanan. Jadi kalau Presiden Obama mem-veto rancangan itu, veto tersebut juga akan mematikan program-program lain.

XS
SM
MD
LG