Tautan-tautan Akses

Senator AS akan Kunjungi Birma, Thailand, dan Korsel


Senator AS Jim Webb

Senator AS Jim Webb

Ketegangan di semenanjung Korea, menurut Senator Jim Webb, menunjukkan perlunya AS meningkatkan hubungan diplomatik dengan kawasan Asia Timur.

Seorang Senator Amerika Jim Webb dari partai Demokrat, mengumumkan dirinya akan mengunjungi Birma, Thailand dan Korea Selatan untuk mengadakan pertemuan dengan pejabat pemerintah, diplomat Amerika, pejabat militer dan para tokoh pengusaha.

Webb memimpin Sub-Komisi Asia Timur dari Komisi Hubungan Luar Negeri Senat Amerika. Ia mengeluarkan pernyataan tertulis pada hari Selasa yang mengatakan kekerasan baru-baru ini di Thailand dan ketegangan di semenanjung Korea menunjukkan perlunya Amerika Serikat meningkatkan ikatan diplomatik dengan kawasan itu.

Webb mengatakan kehadiran Amerika di kawasan tersebut telah membantu kestabilannya selama puluhan tahun ini. Ia mengatakan kini pengaruh Amerika di sana telah menurun, sementara pengaruh Tiongkok telah meningkat. Tetapi, ia menuduh Tiongkok mempunyai apa yang disebutnya kepemimpinan yang buruk. Webb mengatakan Beijing harus bertindak dengan cara yang meningkatkan kestabilan dan kemakmuran kawasan tersebut, namun ia tidak menjelaskan lebih lanjut.

XS
SM
MD
LG