Tautan-tautan Akses

Senator AS : Tiongkok Tidak Bisa Menghindari Pergolakan


John McCain (Foto: dok).

John McCain (Foto: dok).

Senator John McCain memperingatkan bahwa pergolakan seperti yang terjadi di dunia Arab kemungkinan akan terjadi di Tiongkok.

Senator Partai Republik dari negara bagian Arizona itu menyampaikan pandangannya kepada Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok Zhang Zhijun hari Sabtu, dalam konferensi keamanan tingkat tinggi di Munich.

John McCain merujuk pada aksi bakar diri sejumlah biksu Tibet baru-baru ini untuk memprotes pemerintah Tiongkok di Tibet. "Tidak ada satu cara pun dimana anda akan benar-benar mampu menekan aksi-aksi protes itu karena adanya perangkat-perangkat ini”, kata John McCain sambil menunjuk telefon seluler.

Sementara itu sejumlah laporan dari Tibet mengatakan tiga lagi biksu Tibet bakar diri hari Jum’at di kota Serthar, propinsi Sichuan. Dua diantaranya selamat, sementara seorang lainnya dikhawatirkan tewas.

Sepanjang tahun lalu 16 warga Tibet lainnya, terutama biksu dan biarawati telah tewas membakar diri untuk memprotes pemerintah Tiongkok.

Ketegangan di kawasan itu memuncak bulan Maret 2011 lalu ketika seorang biksu Budha yang menuntut kembalinya Dalai Lama, pemimpin Tibet di pengasingan, bakar diri dan meninggal di sebuah biara di Sichuan.

XS
SM
MD
LG