Tautan-tautan Akses

Senator Amerika John McCain Kunjungi Ukraina, Dukung Oposisi


Senator Amerika John McCain menyalami demonstran di Lapangan Kemerdekaan, Kiev, Ukraina, 15 Desember 2013.

Senator Amerika John McCain menyalami demonstran di Lapangan Kemerdekaan, Kiev, Ukraina, 15 Desember 2013.

Senator Amerika John McCain menyuarakan dukungan pada para demonstran yang telah menduduki pusat kota Kiev.

Senator Amerika John McCain hari Sabtu bertemu dengan beberapa pemimpin pemerintah dan oposisi di ibukota Ukraina, menjelang unjuk rasa besar-besaran untuk menggulingkan pemerintahan dan pemimpinnya, Presiden Viktor Yanukovych.

McCain menyuarakan dukungan kepada para demonstran yang telah menduduki pusat kota Kiev selama tiga pekan terakhir, mengatakan kepada wartawan bahwa dia “bangga dengan apa yang dilakukan rakyat Ukraina untuk memulihkan demokrasi di negara mereka.”

McCain adalah pejabat Barat terbaru yang mengunjungi kamp demonstran itu sejak unjuk rasa pecah bulan lalu untuk menentang keputusan presiden yang mundur dari perjanjian perdagangan penting dengan Uni Eropa. Ukraina mengatakan lebih memilih memusatkan perhatian untuk memperbaiki dan memperkuat hubungan ekonomi dengan Rusia.

Rusia tidak secara langsung mengomentari kunjungan McCain itu. Tetapi Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, berbicara hari Sabtu, mengatakan pemerintahan negara-negara Barat, “agaknya telah kehilangan realitas” dalam menentang keputusan Ukraina yang berpihak kepada Rusia.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG