Tautan-tautan Akses

Senat Thailand Kalahkan Upaya Pemulangan PM Terguling Thaksin


Aksi unjuk rasa anti-pemerintah membawa gambar Raja Bhumibol Adulyadej, dan meneriakkan slogan memprotes RUU amnesty di Bangkok, Thailand (11/11).

Aksi unjuk rasa anti-pemerintah membawa gambar Raja Bhumibol Adulyadej, dan meneriakkan slogan memprotes RUU amnesty di Bangkok, Thailand (11/11).

Senat Thailand mengalahkan rancangan amnesti yang semula ditujukan untuk memulangkan Perdana Menteri terguling Thaksin Shinawatra dari pengasingan.

Para penentang rancangan amnesti Thailand bertekad untuk terus memrotes pemerintah. Oposisi utama Partai Demokrat menyerukan pembangkangan sipil dan pemogokan nasional selama tiga hari mulai hari Rabu, yang dipandang sebagai usaha untuk menjatuhkan pemerintahan yang dipimpin oleh adik Thaksin, Perdana menteri Yingluck Shinawatra.

Para pengeritik mengatakan rancangan amnesti tadi adalah usaha pemerintah untuk membersihkan kejahatan Thaksin yang dituduhkan dan meratakan jalan bagi kedatangannya kembali. Thaksin, tokoh yang sangat menimbulkan pertentangan, melarikan diri dari negara itu tahun 2008 untuk menghindari hukuman penjara dua tahun atas tuduhan korupsi.

Senat dengan suara 141 lawan 0 Senin malam menolak rancangan itu setelah partai yang berkuasa menarik dukungannya. Walaupun majelis rendah parlemen yang lebih berkuasa dapat dengan syah meloloskan rancangan undang-undang tanpa persetujuan Senat setelah menunggu 180 hari, Yingluck dan partai-partai koalisi pemerintah telah berjanji bahwa rancangan itu tidak akan dihidupkan kembali.
XS
SM
MD
LG