Tautan-tautan Akses

Senat Thailand Belum Penuhi Kuorum untuk Voting RUU Amnesti


Para demonstran mendengarkan pidato dalam aksi demo menentang RUU amnesti di Monumen Demokrasi di Bangkok, Thailand (8/11).

Para demonstran mendengarkan pidato dalam aksi demo menentang RUU amnesti di Monumen Demokrasi di Bangkok, Thailand (8/11).

Ribuan warga Thailand berdemonstrasi di jalan-jalan pekan lalu menentang legislasi RUU yang menurut mereka dimaksudkan untuk menghindarkan Thaksin dari hukuman dua tahun penjara atas tuduhan korupsi.

Senat Thailand bersusah payah memenuhi kuorum agar dapat menggelar pemungutan suara mengenai rancangan undang-undang amnesti yang banyak diperdebatkan, yang akan memuluskan jalan bagi kepulangan mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra dari pengasingan. Shinawatra digulingkan dalam kudeta militer tahun 2006.

Rancangan undang-undang dukungan pemerintah itu akan memberikan amnesti bagi para pemimpin dan orang-orang yang terlibat dalam konflik politik yang kerap disertai kekerasan sejak 2004.

Ribuan orang turun berdemonstrasi di jalan-jalan pekan lalu menentang legislasi tersebut, yang menurut mereka dimaksudkan untuk menghindarkan Thaksin dari hukuman dua tahun penjara atas tuduhan korupsi.

Pemungutan suara di Senat diundur dari hari Jumat ke hari Senin. Menurut para pengecam Thaksin pengunduran itu dilakukan untuk menenangkan para demonstran yang menekan keras pemerintah. Para senator penentang Thaksin memboikot sidang hari Jumat. Majelis rendah parlemen telah menyetujui legislasi tersebut.
XS
SM
MD
LG