Tautan-tautan Akses

Senat Meksiko Setujui Pembukaan Sektor Minyak


Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto

Kongres Meksiko menyetujui reformasi energi menyeluruh yang akan menyudahi monopoli negara selama 70 tahun dan secara dramatis mengubah peran perusahaan-perusahaan swasta dan asing dalam industri gas dan minyak negara itu.

Paket undang-undang baru yang disetujui itu kemudian akan dikirim kepada Presiden Enrique Pena Nieto yang telah menjadikan reformasi energi sebagai landasan kebijakannya untuk memperluas perekonomian Meksiko dan menjadikan negara itu sebagai pesaing global.

Reformasi lain yang digagas Presiden Nieto adalah mengkaji kembali undang-undang telekomunikasi, pendidikan dan pemilu.

Bagian terakhir undang-undang reformasi energi itu disetujui oleh para anggota Kongres Meksiko Rabu malam. Seruan pertama yang disampaikan adalah kontak dan konsesi minyak baru yang diperkirakan akan dikeluarkan sekitar tahun 2015.

Pemerintah Meksiko mendukung pembukaan sektor gas dan minyak bumi sebagai upaya menarik investasi milyaran dolar dan mendorong produksi minyak yang saat ini mencapai 2,5 juta barel per hari. Tahun 2004 produksi minyak Meksiko sempat mencapai puncaknya yaitu 3,4 juta barel per hari.

Paket undang-undang baru ini mengatur pengeboran gas dan minyak swasta yang baru diijinkan untuk pertama kalinya sejak industri itu dinasionalisasi 76 tahun lalu. Perombakan itu didukung oleh koalisi Partai Revolusioner Institusi PRI, Partai Aksi Nasional yang konservatif dan sebuah partai yang lebih kecil.

XS
SM
MD
LG