Tautan-tautan Akses

Senat AS Tolak Usulan Demokrat soal Kenaikan Pagu Utang

  • Kent Klein

Para Senator AS memberikan keterangan kepada media (10/10). Senat AS menolak usulan Senator Harry Reid mengenai kenaikan pagu utang hingga 2014.

Para Senator AS memberikan keterangan kepada media (10/10). Senat AS menolak usulan Senator Harry Reid mengenai kenaikan pagu utang hingga 2014.

Senator-senator Amerika hari Minggu (13/10) telah menolak sebuah usul guna menghindari terjadinya gagal bayar dan membuka kembali operasi pemerintah federal.

DPR dan Senat Amerika melakukan beberapa pertemuan luar biasa hari Sabtu dan Minggu, sementara penutupan sebagian kegiatan pemerintah memasuki hari ke 12, dan Amerika diperkirakan dalam 5 hari akan mengalami gagal bayar atas utang-utangnya.

Sebuah usul Senat untuk membahas rancangan undang undang yang diusulkan Partai Demokrat guna meningkatkan pagu pinjaman negara sampai tahun 2014 dan menghentikan penutupan pemerintah, telah gagal.

Rencana itu tidak mengikutsertakan pemotongan anggaran atau perubahan dalam undang undang layanan kesehatan yang disahkan oleh Presiden, yang ingin diubah oleh pihak Republik.

Tokoh senat dari partai Demokrat dan pemimpin mayoritas Harry Reid, mengatakan ia heran atas hasil pemungutan suara itu.

"Anda tahu, saya mengajukan sebuah rancangan undang undang hari ini, untuk memperpanjang pagu utang selama satu tahun. Sulit bagi saya untuk memahami, namun setiap anggota Partai Republik, memberikan suara untuk menolaknya," kata Reid.

Setelah voting, tokoh senator Demokrat menuju Gedung Putih untuk bertemu dengan Presiden Obama.

Senator Republik Susan Collins dan anggota senat dari kedua partai sedang membahas sebuah proposal untuk meningkatkan pagu pinjaman pemerintah hingga bulan Januari, membuka kembali operasi pemerintah selama enam bulan, dan melakukan perubahan kecil terhadap undang undang layanan kesehatan yang disebut Layanan Kesehatan Terjangkau.

Reid mengatakan rencana Collins tampaknya tidak akan mengalami kemajuan. Ia menambahkan, "Susan Collins adalah salah satu senator favorit saya, apakah dia dari partai Demokrat atau Republik. Saya menghargai upayanya untuk mencari kesepakatan. Namun rencana yang diusulkannya dan yang saya sudah baca, tidak akan berkembang dalam tahapan ini."

Reid dan tokoh senat dari partai Republik, pemimpin Minoritas Mitch McConnell, telah berunding sejak hari Jum’at untuk membuka kembali kegiatan pemerintah dan menghindari gagal bayar.

Sebelum anggota DPR memulai sesi hari Sabtu mereka, Ketua DPR John Boehner mengatakan bahwa tidak ada kesepakatan dan tidak ada negosiasi di Gedung Putih untuk membuka kembali pemerintah atau meningkatkan pagu pinjaman. Para pembuat undang-undang mengatakan Boehner mengatakan kepada mereka untuk tetap pada pendirian.

Baik anggota Partai Demokrat maupun Republik tampaknya tidak akan menyerah. Presiden Obama, dalam pidato mingguannya lewat radio dan internet, dengan keras mengecam partai Republik karena minta konsesi sebagai imbalan meningkatkan pagu pinjaman dan membuka kembali pemerintah.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG