Tautan-tautan Akses

Senat Amerika Tolak Program Lapangan Pekerjaan Presiden Obama


Presiden Obama dalam pidatonya terkait Proposal Lapangan Pekerjaan (Foto:dok).

Presiden Obama dalam pidatonya terkait Proposal Lapangan Pekerjaan (Foto:dok).

Senat Amerika menolak program lapangan kerja presiden Obama karena dianggap berpotensi memukul investasi dan pertumbuhan ekonomi.

Senat Amerika telah menolak gagasan Presiden Barack Obama untuk menciptakan jutaan pekerjaan baru melalui program pekerjaan pemerintah dan keringanan pajak bagi perusahaan-perusahaan.

Pemungutan suara hari Selasa itu adalah mengenai prosedur yang diadakan oleh fraksi Demokrat untuk melihat apakah rancangan itu dapat diajukan ke sidang paripurna dan pertimbangan terakhir.

Dengan keadaan ekonomi yang hampir tidak bergerak dan angka penganguran yang berkisar sekitar 9 persen, Obama mengatakan gagasan tersebut akan membuat ribuan guru, polisi dan pekerja bangunan kembali bekerja. Ia mengatakan pajak pekerja dan perusahaan-perusahaan kecil akan dipotong.

Ia mengatakan para penentangnya dapat berusaha menjelaskan kepada rakyat Amerika yang menuntut pengambilan tindakan mengapa mereka menolak apa yang ia sebut gagasan wajar yang pernah diterima oleh kedua fraksi dalam Kongres itu. Ia mengatakan pemungutan suara Senat itu bukan akhir perjuangan dan ia akan berembuk empat mata dengan para tokoh Kongres untuk memberlakukan pasal-pasal rancangan pekerjaan itu.

Para penentang rancangan pekerjaan itu mengatakan Presiden berencana mendanainya dengan menaikkan pajak terhadap golongan kaya. Mereka mengatakan bahwa itu akan memukul investasi dan pertumbuhan ekonomi. Mereka juga mengemukakan stimulus ekonomi 825 milyar dolar sebelumnya oleh Presiden telah gagal.

XS
SM
MD
LG