Tautan-tautan Akses

Senat AS Setujui UU Pengurangan Pengangguran di Kalangan Veteran

  • Michael Bowman

Pemimpin Minoritas Senat dari Partai Republik, Mitch McConnell mendukung kerjasama bipartisan dalam meloloskan RUU 'Vow to Hire Heroes'.

Pemimpin Minoritas Senat dari Partai Republik, Mitch McConnell mendukung kerjasama bipartisan dalam meloloskan RUU 'Vow to Hire Heroes'.

Anggota Senat AS melakukan pemungutan suara 94 berbanding satu untuk mempromosikan pekerjaan sipil bagi anggota militer yang bertugas mempertahankan negara.

Hari Kamis (10/11), Senat Amerika menyetujui UU untuk mengurangi pengangguran di kalangan veteran militer dan menghilangkan hambatan pemerintah membuat kontrak dengan perusahaan swasta. Langkah ini adalah unsur utama rencana kerja Presiden Barack Obama untuk menggalang dukungan bipartisan yang memadai dalam politik Amerika yang terbagi dua.

Pada malam menjelang peringatan Hari Veteran, anggota Senat Amerika melakukan pemungutan suara 94 berbanding satu untuk mempromosikan pekerjaan sipil bagi anggota militer yang bertugas mempertahankan negara.

“Tingkat pengangguran veteran perang Irak dan Afghanistan saat ini 20 persen lebih tinggi dibanding tingkat pengangguran nasional. Itu berarti hampir seperempat juta veteran menganggur. Kita harus berbuat lebih banyak untuk menghargai, mendukung pahlawan kita yang kembali ke Amerika dan membantu mereka memulihkan diri dari tugas mereka di luar negeri dengan memberi kesempatan bekerja di sektor sipil," kata Chris Coons, senator Partai Demokrat dari Delaware.

UU Vow to Hire Heroes atau mempekerjakan Veteran menyediakan potongan pajak kepada perusahaan yang mempekerjakan veteran cacat termasuk latihan kerja dan konseling bagi veteran yang kembali ke Amerika. Program ini bertujuan membantu veteran untuk memanfaatkan ketrampilan dan pengalaman yang mereka dapatkan di bidang militer yang bisa digunakan untuk bekerja dibidang sipil.

Senat juga menyetujui RUU yang memperlancar pembayaran pada perusahaan swasta yang dikontrak pemerintah. Kedua tindakan tersebut sangat jarang di Amerika.

Tercapainya kesepakatan kedua pihak di kongres untuk mengurangi angka pengangguran yang sangat tinggi. Dalam minggu-minggu ini, senator Fraksi Republik menghambat upaya mempertahankan guru dan petugas penyelamat darurat dan meningkatkan anggaran pemerintah federal bagi proyek-proyek infrastruktur.

Pemimpin Minoritas Senat Partai Republik, Mitch McConnell mengatakan ada pelajaran yang bisa dipetik bahwa Kongres tidak perlu lumpuh karena tidak ada kesepakatan antara kedua partai.

"Seperti inilah pemerintah bipartisan bekerja, lewat kerjasama tulus dan mencari persamaan,” kata McConnell.

UU ini diperkirakan akan disetujui minggu depan oleh Kongres Amerika dan ditetapkan menjadi UU oleh Presiden Obama.

XS
SM
MD
LG