Tautan-tautan Akses

AS

Senat AS Setujui Dana untuk Perangi Virus Zika


Senator Roy Blunt (kiri), didampingi Senator Mitch McConnell memberikan keterangan kepada media mengenai pendanaan bagi upaya memerangi virus zika di Capitol Hill, Selasa (17/5).

Senator Roy Blunt (kiri), didampingi Senator Mitch McConnell memberikan keterangan kepada media mengenai pendanaan bagi upaya memerangi virus zika di Capitol Hill, Selasa (17/5).

Senat Amerika hari Selasa (17/5) menyetujui dana 1,1 milyar dolar untuk memerangi virus Zika.

Senat Amerika menyetujui dana 1,1 milyar dolar untuk memerangi virus Zika, lebih sedikit dari yang diminta oleh pemerintahan Obama sebesar $1,9 miliar, tapi hampir dua kali lipat dari dana yang sedang dipertimbangkan di DPR.

Pada hari Selasa (17/5) lewat pemungutan suara dengan selisih suara 68-29, Senat yang dikuasai Republik meloloskan pendanaan itu. Sebelumnya Senat menolak permohonan Gedung Putih bagi anggaran senilai $1,9 milyar.

Virus nyamuk itu dapat menyebabkan cacat lahir dan dikaitkan dengan gangguan syaraf.

"Kita perlu mengontrol secara lebih baik nyamuk yang membawa virus Zika itu. Kita perlu meningkatkan kesadaran untuk memastikan keluarga tahu tentang penyakit ini, dan mempercepat pengembangan vaksin", kata Senator dari partai Demokrat, Patty Murray dari negara bagian Washington, yang ikut menulis RUU bipartisan ini.

Selama berminggu-minggu, banyak anggota Republik bersikeras bahwa mereka membutuhkan lebih banyak informasi tentang bagaimana dana itu akan dibelanjakan. Sebagian juga menuntut agar program lain dipotong untuk menutupi biaya memerangi Zika.

Langkah Senat yang menyetujui pendanaan Zika itu menghadapi nasib yang tidak menentu di DPR, di mana mayoritas Partai Republik mempertimbangkan proposal untuk mengalihkan dana 622 juta dolar yang sebelumnya dialokasikan untuk melawan Ebola. Dana itu akan digabung dengan dana bernilai lebih dari $ 500 juta yang oleh pemerintahan Obama sudah dialihkan dari program Ebola. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG