Tautan-tautan Akses

Senat AS Setujui Aturan Jurang Fiskal dengan Suara 89-8


Wakil Presiden AS Joe Biden (tengah) bersiap melakukan pertemuan kaukus mengenai jurang fiskal di Gedung Kapitol (31/12). (AP)
Wakil Presiden AS Joe Biden (tengah) bersiap melakukan pertemuan kaukus mengenai jurang fiskal di Gedung Kapitol (31/12). (AP)

Kemacetan politik yang berlangsung dalam perundingan jurang fiskal ini diharapkan tidak akan terjadi lagi.

Beberapa jam setelah tenggat waktu yang ditentukan sendiri, Senat Amerika meloloskan aturan untuk menetralisir kombinasi jurang fiskal yang menaikkan semua pajak dan memotong anggaran yang berlaku tengah malam. Pemungutan suara Selasa dini hari menghasilkan 89 suara persetujuan melawan delapan suara oposisi.

Setelah kemacetan politik yang terjadi, kesepakatan ini merupakan sesuatu yang menggembirakan.

“Seharusnya tidak selama ini kita mencapai kesepakatan, dan ini tidak seharusnya menjadi model bagaimana kita bertindak di sini,” ujar pemimpin Senat dari Partai Republik, Mitch McConnell, yang menegosiasikan kesepakatan dengan Wakil Presiden Joe Biden.

Tak lama setelah pemungutan suara Senat, Presiden Barack Obama mengatakan, “Meski tidak ada dari Demokrat maupun Republik yang mendapat semua yang diinginkan, kesepakatan ini merupakan hal yang benar untuk negara kita dan Dewan (Perwakilan Rakyat) seharusnya bisa mengesahkannya tanpa menunda lagi.”

Dengan kesepakatan tersebut, pajak-pajak untuk kelas menengah tetap seperti sekarang namun naik untuk mereka yang berpenghasilan lebih dari US$400.000 per tahun, atau lebih dari $450.000 untuk pasangan. Jumlah ini lebih besar dari yang dikampanyekan Presiden AS Barack Obama selama pemilihan umum.

Pemotongan anggaran untuk Kementerian Pertahanan dan program-program domestik akan ditunda selama dua bulan. Hal tersebut memungkinkan Gedung Putih dan anggota legislatif waktu untuk mengatur ulang segala sesuatunya sebelum berkutat lagi dengan pembahasan anggaran seputar desakan Partai Republik untuk memotong biaya asuransi kesehatan dan program manfaat pemerintah lainnya.

Para pejabat juga memutuskan pada menit terakhir untuk mengambil langkah mencegah kenaikan gaji sebesar $900 untuk anggota legislatif.

Presiden Obama dijadwalkan menandatangani legislasi baru tersebut pada 3 Januari. (AP)
XS
SM
MD
LG