Tautan-tautan Akses

AS

Senat AS Sahkan RUU untuk Hindari Penutupan Pemerintah Federal


Gedung Kongres di Washington, DC.

Gedung Kongres di Washington, DC.

Tanpa perpanjangan pendanaan, banyak lembaga pemerintah akan kehabisan uang ketika tahun fiskal federal berakhir tengah malam hari Jumat.

Senat Amerika telah mengesahkan rancangan undang-undang untuk menjaga agar pemerintah Amerika tetap beroperasi selama beberapa bulan ke depan.

Para senator menyetujui resolusi tentang “kelanjutan pemerintahan" hari Rabu (28/9) dengan perbandingan 72 lawan 26 suara. Sekarang resolusi itu diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat, yang diperkirakan juga akan menyetujuinya.

Terobosan terjadi setelah para pemimpin teras Kongres menembus kebuntuan mengenai bantuan untuk kota Flint, di negara bagian Michigan, yang sedang mengalami krisis pencemaran air minum. Para pendukung Flint dari Partai Demokrat sekarang puas dengan jaminan dari Republik bahwa dana untuk Flint akan diselesaikan setelah pemilihan umum.

Tanpa perpanjangan pendanaan, banyak lembaga pemerintah akan kehabisan uang ketika tahun fiskal federal berakhir tengah malam hari Jumat.

RUU itu juga mencakup US$1,1 miliar untuk memberantas virus Zika dan $500 juta untuk bantuan banjir di Louisiana dan negara-negara bagian lainnya.

Para anggota Partai Demokrat di Senat dan DPR telah bertekad akan menentang RUU itu sampai Partai Republik menyepakati paket bantuan untuk Flint, kota yang berpenduduk lebih dari 100.000 orang yang air minumnya tercemar timbal selama lebih dari dua tahun.

DPR diperkirakan akan menyetujui RUU itu Rabu malam dan mengajukannya kepada Presiden Barack Obama untuk ditandatangani.

Kesepakatan untuk menghindari penutupan pemerintah federal dicapai hanya tiga hari sebelum batas waktu. Ini meredakan sengketa yang menimbulkan frustrasi panjang mengenai pengeluaran untuk mengatasi masalah Zika.

Kelompok Demokrat mengklaim kemenangan sebagian atas Flint, sementara delegasi Louisiana yang didukung kelompok partai Republik memperoleh cicilan uang dari dana $2,6 miliar yang diminta Obama untuk negara bagian mereka. [sp/isa]

XS
SM
MD
LG