Tautan-tautan Akses

AS

Senat AS Mulai Debat RUU Imigrasi


Senat AS memulai debat atas sebuah RUU imigrasi (foto: dok).

Senat AS memulai debat atas sebuah RUU imigrasi (foto: dok).

Senat AS telah sepakat memulai debat atas sebuah RUU imigrasi yang dapat membuka jalan bagi 11 juta imigran gelap untuk menjadi warga negara.

Senat Amerika telah sepakat memulai debat atas sebuah RUU bersejarah dan penuh masalah, yang dapat membuka jalan bagi sekitar 11 juta imigran gelap untuk menjadi warga negara Amerika.

Voting 82 berbanding 15 hari Selasa membuka jalan bagi debat yang menurut para analis dapat berlanjut hingga akhir bulan.

RUU itu menetapkan proses selama 13 tahun untuk menjadi warga negara bagi imigran yang datang ke Amerika secara gelap sebelum akhir 2011.

Selasa pagi, delapan senator Partai Demokrat dan Republik menyepakati voting itu dan satu senator dari Partai Demokrat, Charles Schumer, mengatakan ia yakin RUU usulan Senat itu akan lolos sebelum libur Hari Kemerdekaan Amerika tanggal 4 Juli.

Ketua DPR John Boehner, dari Partai Republik, juga menyatakan dukungannya tetapi mengatakan RUU versi DPR tampaknya akan mewajibkan penyediaan keamanan di sepanjang perbatasan Amerika dengan Meksiko yang lebih ketat dibanding versi Senat.

Presiden Barack Obama hari Selasa mengatakan ia mendukung RUU hasil kompromi itu yang akan memperkuat keamanan di perbatasan selatan Amerika dengan Meksiko. Ia mengatakan baik ia maupun anggota Kongres tidak akan mendapatkan semua ketentuan imigrasi yang mereka inginkan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG