Tautan-tautan Akses

AS

Senat AS Luluskan Anggaran Belanja


Gedung Capitol di Washington DC (Foto:dok).

Gedung Capitol di Washington DC (Foto:dok).

Rancangan anggaran belanja Senat tahun 2016 serupa dengan yang telah disetujui awal minggu ini oleh DPR, yang akan menyeimbangkan anggaran belanja dalam sembilan tahun mendatang.

Senat AS telah meluluskan sebuah RUU, yang mengusulkan pemotongan sangat besar anggaran belanja pemerintah federal. Ini menggelarkan pertarungan yang telah berjalan antara Kongres yang didominasi Partai Republik, dan Presiden Barack Obama, dari Partai Demokrat.

Dalam sebuah sidang panjang malam hari yang berlangsung hingga Jumat dini hari, para senator meluluskan sebuah versi rancangan anggaran belanja yang seimbang, mengusulkan pengurangan anggaran belanja sebesar $5,1 trilyun untuk 10 tahun ke depan.

Sebagian besar penghematan yang diperoleh akan datang dari pemotongan anggaran perawatan kesehatan. Pendanaan militer akan ditambah. Rancangan anggaran belanja Senat tahun 2016 serupa dengan yang telah disetujui awal minggu ini oleh DPR, yang akan menyeimbangkan anggaran belanja dalam sembilan tahun mendatang.

Kedua majelis yang dikuasai Partai Republik itu akan menggarap perbedaan mereka di antara berbagai proposal yang diajukan dalam dua minggu ini sewaktu masa reses Kongres berakhir.

Rancangan golongan Republik itu mungkin akan ditentang oleh Presiden Obama, yang Februari lalu mengajukan anggaran belanja sebanyak hampir $4 trilyun, yang akan menaikkan pajak dan menyisihkan dana besar untuk perbaikan infrastruktur AS.

Akan tetapi, rancangan-rancangan yang diajukan Presiden Obama dan Partai Republik, serupa, dalam hal anggaran pertahanan negara.

XS
SM
MD
LG