Tautan-tautan Akses

AS

Senat AS Kukuhkan Yellen sebagai Gubernur Bank Sentral


Senat AS hari Senin (6/1) telah mengkonfirmasi Janet Yellen sebagai gubernur baru bank sentral Amerika atau Federal Reserve (foto: dok).

Senat AS hari Senin (6/1) telah mengkonfirmasi Janet Yellen sebagai gubernur baru bank sentral Amerika atau Federal Reserve (foto: dok).

Senat Amerika hari Senin (6/1) telah mengkonfirmasi Janet Yellen sebagai gubernur baru bank sentral Amerika atau Federal Reserve.

Senat Amerika telah mengukuhkan Janet Yellen sebagai Gubernur Bank Sentral Amerika, yang membuatnya salah seorang tokoh paling berkuasa di gelanggang ekonomi dunia.

Hasil pemungutan suara hari Senin (6/1) menunjukkan perolehan suara 56 lawan 26. Mayoritas sederhana atau 51 suara sudah cukup untuk mengukuhkannya dalam jabatan ini.

Presiden Barack Obama mengatakan rakyat Amerika akan memiliki Yellen sebagai pembela mereka yang gigih, dan memahami bahwa sasaran kebijakan keuangan adalah peningkatkan kehidupan dan pekerjaan para pekerja dan keluarga mereka.

Yellen akan menjadi wanita pertama memimpin lembaga yang berusia 100 tahun itu, menggantikan Bernanke, yang masa jabatan delapan tahunnya akan segera berakhir Januari ini.

Pimpinan Bank Sentral Amerika sering mempengaruhi keputusan ekonomi dunia. Kalangan ekonom memperkirakan Yellen, berusia 67 tahun dan saat ini menjabat wakil Gubernur Bank Sentral AS (Federal Reserve), akan melanjutkan banyak kebijakan ekonomi Bernanke. Keduanya telah menghimbau diakhirinya secara berkala bantuan langsung bank sentral terhadap ekonomi Amerika dan suku bunga rendah.

Bank Sentral AS setiap bulan membeli sekuritas sebesar miliaran dolar untuk mengalirkan lebih banyak uang kedalam ekonomi Amerika guna mendorong pertumbuhan dan mempertahankan suku bunga rendah.

Namun Bank Sentral telah mulai mengurangi pembelian itu, memangkasnya dari 85 miliar dolar per bulan selama lebih setahun menjadi 75 miliar dolar mulai bulan ini.
XS
SM
MD
LG