Tautan-tautan Akses

AS

Senat AS Kukuhkan Pilihan Obama untuk Kepala Kesehatan Masyarakat


Dr. Vivek Hallegere Murthy, kepala badan kesehatan masyarakat AS yang baru.

Dr. Vivek Hallegere Murthy, kepala badan kesehatan masyarakat AS yang baru.

Pengukuhan ini telah ditunda setahun karena dukungan Dr. Vivek Murthy terhadap undang-undang kepemilikan senjata yang lebih ketat dan dukungannya atas asuransi kesehatan Obama.

Senat AS telah mengukuhkan Dr. Vivek Murthy sebagai Surgeon General atau kepala badan urusan kesehatan masyarakat yang baru setelah penundaan selama setahun lebih karena dukungannya terhadap undang-undang kepemilikan senjata yang lebih ketat.

Hasil pemungutan suara Senin (15/12) adalah 51 setuju lawan 43 menentang.

Presiden Barack Obama mengatakan ia memuji Senat atas pemungutan suara tersebut, dan mengatakan Murthy akan berusaha memastikan semua orang Amerika memiliki informasi yang mereka butuhkan untuk tetap aman sehingga anak-anak Amerika akan tumbuh sehat dan kuat.

Banyak senator Republik dan sebagian senator Demokrat menentang Murthy karena ia menyokong kontrol senjata yang ketat dan mendukung undang-undang asuransi kesehatan andalan Presiden Obama.

Tetapi para pendukungnya mengatakan pria berusia 37 tahun itu adalah seorang ahli kesehatan yang berkemampuan baik dan tidak akan menggunakan kantornya sebagai panggung politik.

Surgeon General Amerika secara tradisional menjadi penganjur bagi kesehatan yang lebih baik, termasuk mengajak warga Amerika untuk berolahraga, makan dengan pantas dan tidak merokok.

XS
SM
MD
LG