Tautan-tautan Akses

Senat AS Hambat Upaya untuk Larang Pembelian “Air Berat” Iran


Fasilitas produksi air berat milik Iran. Arak, Iran Tengah.

Fasilitas produksi air berat milik Iran. Arak, Iran Tengah.

Hari Rabu para senator menggagalkan RUU yang akan melarang Amerika membeli “air berat” lagi dari Iran. Pemungutan suara hari Rabu tidak memenuhi syarat 60 % suara yang diperlukan.

Senat Amerika telah menghalangi upaya Partai Republik untuk menggagalkan Perjanjian nuklir penting pemerintahan Presiden Obama dengan Iran.

Hari Rabu para senator menggagalkan RUU yang akan melarang Amerika membeli “air berat” lagi dari Iran. Pemungutan suara hari Rabu tidak memenuhi syarat 60 % suara yang diperlukan untuk – meloloskan RUU itu, dengan suara 57 lawan 42 suara.

Air berat bukan bahan radio aktif namun merupakan bahan riset dan medis dan juga bisa dipergunakan untuk memproduksi senjata nuklir. Pemerintahan Obama bulan lalu membeli 32 metrik ton air berat dari Iran. Kesepakatan bernilai 8,6 juta dolar itu membantu Iran memenuhi ketentuan perjanjian nuklir tersebut.

Pemrakarsa RUU amandemen itu Senator Tom Cotton dari Arkansas, menentang perjanjian nuklir itu dan ingin memastikan tidak ada lagi pembelian air berat. [my/al]

XS
SM
MD
LG