Tautan-tautan Akses

Senat AS Capai Kesepakatan untuk Hindari Default


Pimpinan Minoritas Senat Mitch McConnell (kiri) Pemimpin Mayoritas Senat Harry Reid (tengah), Ketua Kongres John Boehner (kanan).

Pimpinan Minoritas Senat Mitch McConnell (kiri) Pemimpin Mayoritas Senat Harry Reid (tengah), Ketua Kongres John Boehner (kanan).

Sumber-sumber mengatakan kesepakatan tercapai di Senat untuk membuka pemerintah hingga 15 Januari dan meningkatkan plafon utang cukup untuk menghindari default hingga 7 Februari.

Para pemimpin di Senat Amerika telah membentuk kesepakatan pada menit-menit terakhir untuk membuka kembali pemerintah dan menghindari gagal bayar (default_ yang akan berakibat buruk pada ekonomi global.

Sumber-sumber mengatakan bahwa kesepakatan untuk membuka pemerintah hingga 15 Januari dan meningkatkan batasan utang cukup untuk menghindari default hingga 7 Februari.

Kongres AS yang dikuasai Fraksi oposisi Republik akan mengadakan pemungutan suara terhadap kesepakatan tersebut, menurut seorang staf di Kongres, Rabu.

Di saat hanya beberapa jam tersisa sebelum tenggat waktu tengah malam, Kamis, staf tersebut mengatakan belum jelas apakah kesepakatan yang dicapai di Senat tersebut akan lolos dari pemungutan suara di Kongres.

"Belum ada keputusan yang tercapai," menurut Kevin McCarthy, orang nomor tiga dalam jajaran kepemimpinan Fraksi Republik di Kongres.

Pemimpin Mayoritas di Senat Harry Reid dan Pemimpin Minoritas Mitch McConnell telah menggarap proposal lintas partai yang dapat lolos kedua kamar parlemen di Amerika, Senat dan Kongres, yang kemudian akan ditandatangani oleh Presiden Barack Obama pada hari Kamis.

Kamis merupakan tenggat waktu di mana Departemen Keuangan akan mencapai plafon utangnya dan berisiko gagal bayar. Pasar finansial global dapat anjlok bila Amerika sampai dinyatakan default.

Informasi dalam berita ini disediakan oleh Reuters
XS
SM
MD
LG