Tautan-tautan Akses

AS

Senat AS Akan Gelar Pemungutan Suara Untuk Pilih Menhan


Mantan senator Chuck Hagel, dalam sidang dengar pendapat di Capitol Hill, Washington DC (Foto: dok).

Mantan senator Chuck Hagel, dalam sidang dengar pendapat di Capitol Hill, Washington DC (Foto: dok).

Senat Amerika diperkirakan akan mengadakan pemungutan suara atas pencalonan mantan senator Chuck Hagel sebagai pemimpin Departemen Pertahanan AS.

Anggota-anggota faksi Republik di Senat menunda pemungutan suara atas pencalonan Hagel hampir dua pekan lalu, dengan mengemukakan pandangan-pandangan Chuck Hagel, mantan kolega mereka, terkait Timur Tengah dan besarnya persenjataan nuklir Amerika.

Faksi Republik menuduh Chuck Hagel terlalu lunak terhadap Iran dan terlalu kritis terhadap Israel. Dalam beberapa dengar pendapat di hadapan Komite Angkatan Bersenjata Senat, Senator John McCain dari Arizona mengecam pandangan Chuck Hagel tentang peningkatan pasukan Amerika di Irak tahun 2007.

Meskipun mereka mengemukakan kecaman, kalangan Partai Republik di Senat Senin petang (25/2) mengisyaratkan mereka tidak akan menunda lagi pemungutan suara bagi pencalonan Hagel. Apabila hal ini terjadi maka konfirmasi Hagel hampir dapat dipastikan di Senat, yang dikuasai Partai Demokrat.

Chuck Hagel dinominasikan Presiden Obama untuk menggantikan Menteri Pertahanan Leon Paneta yang akan pensiun. Hagel akan menjadi veteran Perang Vietnam pertama dan juga mantan prajurit pertama yang menjadi pemimpin Pentagon.

XS
SM
MD
LG