Tautan-tautan Akses

Sidang Khusus Senat AS Gagal Capai Kesepakatan soal Anggaran


Pemimpin mayoritas dalam Senat AS, Senator Harry Reid (kanan) memberikan penjelasan kepada media di depan gedung Capitol soal kebuntuan anggaran (9/10).

Pemimpin mayoritas dalam Senat AS, Senator Harry Reid (kanan) memberikan penjelasan kepada media di depan gedung Capitol soal kebuntuan anggaran (9/10).

Senat AS mengadakan sidang yang jarang terjadi pada hari Minggu (13/10), namun pihak Demokrat dan Republik tidak berhasil menemukan kesepakatan soal kebuntuan fiskal.

Senat Amerika mengadakan sidang yang jarang terjadi pada hari Minggu (13/10), hanya empat hari sebelum batas waktu untuk menaikkan pagu utang, dan hampir dua minggu setelah sebagian kegiatan pemerintah federal dihentikan, karena pemerintah kehabisan dana anggaran.

Namun, pemimpin mayoritas dalam Senat AS, Senator Harry Reid dari partai Demokrat dan tokoh Republik Mitch McConnell agaknya tidak berhasil menemukan jalan keluar dari kebuntuan fiskal itu.

Reid mengecam kelompok partai Republik dalam Senat yang menolak usul Demokrat untuk menaikkan pagu utang selama satu tahun lagi. Tapi partai Republik mengatakan, kenaikan pagu utang itu harus dikaitkan dengan pemangkasan anggaran belanja.

Komisi politik Dana Moneter Internasional hari Sabtu (12/10) telah meminta para pejabat Amerika supaya bertindak cepat untuk mengakhiri ketidakpastian fiskal jangka pendek ini.

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim juga mendesak Amerika untuk mengakhiri krisis yang bisa menimbulkan bencana besar bagi dunia berkembang dan juga sangat merugikan bagi negara-negara kaya.
XS
SM
MD
LG