Tautan-tautan Akses

AS

Senat AS Adakan Sidang Bagi Calon Jaksa Agung


Presiden Barak Obama (kanan) dan Loretta Lynch di Gedung Putih (Foto: dok).

Presiden Barak Obama (kanan) dan Loretta Lynch di Gedung Putih (Foto: dok).

Loretta Lynch, pengacara bagi Distrik Timur negara bagian New York, akan menggantikan Eric Holder, yang mengumumkan peletakan jabatannya belum lama ini setelah memimpin Departemen Kehakiman selama enam tahun.

Kandidat jaksa agung yang diajukan Presiden AS Barack Obama, Loretta Lynch, akan menghadapi pertanyaan-pertanyaan dari Senat, sementara ia berusaha menjadi perempuan kulit hitam pertama yang memegang jabatan penegakan hukum teratas negara ini.

Dalam sidang dengar keterangan pertama yang dipimpin Partai Republik, Lynch akan tampil hari Rabu (28/1) di depan Komisi Hukum Senat yang akan berlangsung selama dua hari.

Lynch, pengacara bagi Distrik Timur negara bagian New York, akan menggantikan Eric Holder, yang mengumumkan peletakan jabatannya belum lama ini setelah memimpin Departemen Kehakiman selama enam tahun.

Lynch telah menerima pujian dari beberapa senator Partai Republik karena prestasi dan riwayat hidupnya. Dia diduga akan memenangkan konfirmasi.

Sidang dengar keterangan Lynch dilakukan di tengah-tengah sorotan nasional terhadap taktik polisi yang menyebabkan kematian beberapa pria kulit hitam di tangan polisi kulit putih, isyu yang sangat familiarbagi Lynch. Berumur 55 tahun, Loretta Lynch telah menjabat sebagai jaksa utama di negara bagian New York sejak tahun 2010.

XS
SM
MD
LG