Tautan-tautan Akses

AS

Senat AS Adakan Pemungutan Suara Terkait Nominasi Loretta Lynch


Loretta Lynch di Capitol Hill, Washington DC (Foto: dok/AP Photo/J. Scott Applewhite)

Loretta Lynch di Capitol Hill, Washington DC (Foto: dok/AP Photo/J. Scott Applewhite)

Nominasi Loretta Lynch telah tertunda selama berminggu-minggu setelah Partai Demokrat di Senat menghambat diluluskannya legislasi yang ditujukan untuk memberantas perdagangan manusia.

Lima bulan setelah dicalonkan oleh Presiden AS Barack Obama, Loretta Lynch akhirnya diperkirakan akan dikukuhkan oleh Senat, hari Kamis (23/4), sebagai jaksa agung AS.

Nominasi Lynch tersebut telah tertunda selama berminggu-minggu setelah Partai Demokrat di Senat menghambat diluluskannya legislasi yang ditujukan untuk memberantas perdagangan manusia, karena sebuah amandemen anti-aborsi yang dicantumkan ke dalam RUU itu oleh Partai Republik.

Sebagai tanggapannya, pemimpin mayoritas Senat Amerika, Mitch McConnell, menolak mengajukan nominasi Lynch untuk pemungutan suara pengukuhannya, sampai RUU perdagangan manusia itu selesai digarap.

Kebuntuan atas masalah aborsi tadi baru berakhir awal pekan ini sewaktu sejumlah anggota Partai Republik dan Partai Demokrat mencapai kompromi, yang melempangkan jalan untuk meluluskan RUU tsb pada hari Rabu dengan hasil pemungutan suara 99 banding 0.

XS
SM
MD
LG