Tautan-tautan Akses

AS

Senat Amerika Setujui Resolusi terhadap Iran


Senat Amerika meloloskan resolusi tidak mengikat menentang pembuatan senjata nuklir Iran (Foto: dok).

Senat Amerika meloloskan resolusi tidak mengikat menentang pembuatan senjata nuklir Iran (Foto: dok).

Senat Amerika hampir dengan suara bulat mengeluarkan resolusi tidak mengikat, menentang Iran membuat senjata nuklir.

Senat Amerika meloloskan resolusi itu Sabtu pagi (22/9) dalam pemungutan suara 90 lawan 1. Resolusi tidak mengikat itu secara khusus menyatakan kata-kata dalam resolusi itu tidak boleh ditafsirkan sebagai otorisasi penggunaan kekuatan militer atau pernyataan perang.

Keputusan itu diambil sehari setelah Senator Joseph Lieberman, ketua komisi keamanan dalam negeri Senat Amerika, menuduh Iran mensponsor serangan di internet terhadap lembaga-lembaga besar keuangan Amerika. Situs web JPMorgan Chase, Bank of America dan Citigroup Inc berulang kali terganggu dalam setahun lalu akibat banjir lalu lintas web yang masuk.

Lieberman mengatakan kepada jaringan televisi Amerika C-SPAN hari Jumat, ia yakin serangan itu dilakukan pasukan Quds, unit dalam Garda Revolusi yang elit, bukan oleh peretas komputer.

Ditambahkan, ia yakin serangan itu adalah respon terhadap semakin kuatnya sanksi-sanksi ekonomi yang diberlakukan Amerika dan sekutunya di Eropa terhadap lembaga-lembaga keuangan Iran.

Amerika dan beberapa negara Barat lain bersatu untuk menjatuhkan sanksi terhadap Iran atas program nuklirnya, yang mereka duga untuk membuat senjata nuklir. Iran berkeras program pengayaan uraniumnya hanya untuk tujuan damai.

Senator Partai Republik dari negara bagian Kentucky Rand Paul, satu-satunya yang memilih "tidak", mengecam resolusi itu sebagai alasan untuk penggunaan kekuatan militer.

Pemerintahan Obama menolak imbauan Israel agar menetapkan batas waktu bagi Iran untuk menghentikan program nuklirnya, yang diduga Israel dan negara-negara Barat dirancang untuk memproduksi senjata atom.

Israel menilai Iran yang bersenjata nuklir sebagai ancaman bagi keberadaannya, dan menolak mengesampingkan aksi militer terhadap lokasi-lokasi nuklir Iran.

Teheran menegaskan program nuklirnya bertujuan damai.
XS
SM
MD
LG