Tautan-tautan Akses

AS

19 Pemadam Kebakaran Hutan Arizona Tewas dalam Tugas


Kebakaran hutan di dekat kota kecil Yarnell, Arizona (30/6), menewaskan 19 anggota pemadam kebakaran yang berupaya memadamkan api di wilayah tersebut (Foto: Dept.Kehutanan Negara Bagian Arizona)

Kebakaran hutan di dekat kota kecil Yarnell, Arizona (30/6), menewaskan 19 anggota pemadam kebakaran yang berupaya memadamkan api di wilayah tersebut (Foto: Dept.Kehutanan Negara Bagian Arizona)

Para pejabat Amerika mengatakan satu regu pemadam kebakaran tewas saat berjuang memadamkan kebakaran belukar dan hutan di Arizona, Minggu (30/6).

Perhimpunan Pemadam Kebakaran Hutan Amerika mengukuhkan korban jiwa sebanyak 19 orang pada halaman Facebook. Seorang pejabat kehutanan negara-bagian, Art Morrison, mengatakan kepada televisi CNN bahwa para pemadam kebakaran itu merupakan para petugas kawakan yang berani. Menurut Morrison, api tampaknya bergerak lebih cepat dan mereka tewas sebelum para pemadam kebakaran lain mencapai mereka.

Presiden Amerika Barack Obama, yang berada di Afrika, mengeluarkan pernyataan yang menyebut para pemadam kebakaran itu “pahlawan”, Senin pagi (1/7). Presiden Obama dan ibu negara, Michelle bersama seluruh warga Amerika menyampaikan bela sungkawa dan mendoakan para keluarga pemadam kebakaran yang berani ini dan semua orang yang kehidupan mereka telah hancur oleh tragedi mengerikan ini.

Kebakaran yang bergerak cepat dekat kota kecil Yarnell, sekitar 130 kilometer sebelah barat-laut Phoenix, telah membakar lahan seluas 800 hektar sejak Jumat dan menghancurkan beberapa bangunan. Lebih dari 200 pemadam kebaran tengah berjuang untuk memadamkan api.

Pihak berwenang telah memerintahkan pengungsian Yarnell dan satu kota kecil lain di dekatnya dengan menggunakan telepon keadaan darurat dan pemberitahuan dari rumah-ke rumah oleh pihak berwenang. Mereka mengatakan kebakaran itu sedang mengancam ratusan rumah.

Arizona, dan negara-negara-bagian tetangganya California dan Nevada sedang mengalami cuaca sangat panas. Suhu mencapai rekor tertinggi, dan peringatan suhu panas yang terlalu tinggi sedang diberlakukan di seluruh kawasan itu.
XS
SM
MD
LG