Tautan-tautan Akses

AS

Semakin Banyak Warga Keturunan Asia di AS Terjun ke Politik


Andrew Do dilantik menjadi pemimpin Distrik pertama Orange County, California, oleh istrinya Hakim Cheri Pham (3/2).

Kemunculan kandidat-kandidat keturunan Asia menunjukkan pergeseran posifit dalam kancah politik di Amerika Serikat.

Sebuah pemilihan di Orange Country, California, baru-baru ini, membuat Dewan Pengawas atau badan pemerintah daerah itu memiliki mayoritas warga keturunan Asia untuk pertama kalinya, menandai kemungkinan pergerakan politik di California, negara bagian berpenduduk paling padat di negara itu.

Andrew Do, seorang Vietnam Amerika, mengalahkan Lou Correa, politisi populer dengan akar Latin.

Do bergabung bersama warga Asia Amerika lainnya, Michelle Park Steel, seorang Korea Amerika, dan Lisa Bartlett, keturunan Jepang, yang dipilih ke dalam panel beranggotakan lima orang November lalu.

"Mungkin ini akan jadi tren jangka panjang tapi ini jelas merupakan tonggak bersejarah," ujar Fred Smoller, profesor madya bidang ilmu politik di Chapman University. "Saya kira ini preseden untuk seluruh negeri juga."

Orange County berpenduduk tiga juta orang dan Asia Amerika mencakup 19,2 persennya. Warga keturunan Amerika Latin mencakup sepertiga populasi di daerah itu namun tidak memiliki perwakilan di Dewan.

Komunitas Asia Amerika terbukti aktif dalam politik lokal, dengan sejumlah besar dari mereka memberikan suaranya pada pemilihan umum.

Eliza Noh, profesor bidang studi Asia Amerika di California State University Fullerton, mengatakan ia ingin para pejabat Asia Amerika di Dewan Pengawas Orange County menjangkau lebih dari pemilih tradisionalnya dan membangun aliansi berdasarkan ketertarikan yang sama, misalnya pendidikan.

"Jika mereka membangun koalisi dalam hal-hal yang dipedulikan orang, maka mereka akan membuat perbedaan karena mereka juga perlu memiliki massa kritis," ujar Noh.

Termasuk Do, enam Asia Amerika, semuanya dari Partai Republik, telah dipilih untuk jabatan politik di Orange County sejak November 2014, dan semakin banyak politisi Asia Amerika yang terlihat muncul di seluruh Amerika, sebuah kabar baik untuk Partai Republik.

XS
SM
MD
LG