Tautan-tautan Akses

Selandia Baru Upayakan Persetujuan dengan Jepang Mengenai Penangkapan Ikan Paus


Kapal penangkap paus milik Jepang di Samudera Antartika (foto: dokumentasi Desember 2009).

Kapal penangkap paus milik Jepang di Samudera Antartika (foto: dokumentasi Desember 2009).

Geoffrey Palmer mengetuai kelompok kerja IWC yang sedang mengadakan pembicaraan dengan Jepang.

Wakil Selandia Baru untuk Komisi Penangkapan Ikan Paus Internasional (IWC) sedang berunding dengan Jepang mengenai perjanjian untuk mengizinkan penangkapan ikan paus komersial secara terbatas.

Mantan Perdana Menteri Selandia Baru Geoffrey Palmer mengetuai kelompok kerja IWC yang sedang mengadakan pembicaraan dengan Jepang dan negara-negara penangkap ikan paus lainnya untuk mengurangi jumlah ikan paus yang dibunuh tiap tahun.

IWC memberlakukan moratorium terhadap penangkapan ikan paus komersial tahun 1986. Jepang mengklaim penangkapan ikan paus yang dilakukan negara itu setiap tahun semata-mata untuk tujuan penelitian ilmiah, tetapi sebagian besar daging ikan paus tersebut dijual di toko-toko bahan makanan dan di rumah-rumah makan.

Beberapa negara dalam IWC menentang kuat pengakhiran larangan itu, tetapi Palmer mengatakan “keterikatan emosional” pada moratorium yang tidak berhasil tidak “realistis.”

Norwegia dan Eslandia terus melakukan kegiatan penangkapan ikan paus komersial mereka, meskipun dengan adanya moratorium tersebut.


XS
SM
MD
LG