Tautan-tautan Akses

Selandia Baru Akan Luncurkan Layanan Antar Pizza dengan 'Drone'


Seorang insinyur menerbangkan pesawat nirawak atau drone di kota Raglan, Selandia Baru. (Foto: Ilustrasi)

Seorang insinyur menerbangkan pesawat nirawak atau drone di kota Raglan, Selandia Baru. (Foto: Ilustrasi)

Domino's Pizza Enterprises Ltd melakukan pengantaran pizza dengan pesawat nirawak di Auckland, Selandia Baru, hari Kamis (25/8).

Sebuah restoran waralaba pizza di Selandia Baru ingin menjadi perusahaan pertama di dunia yang menawarkan layanan pengantaran dengan pesawat nirawak atau drone komersial.

Beberapa perusahaan terbesar di dunia termasuk Amazon.com Inc dan Google, atau sekarang dikenal dengan Alphabet Inc, telah berencana mengirim barang dengan pesawat nirawak. Otoritas-otoritas penerbangan di AS, Inggris, Australia dan Selandia Baru telah melonggarkan aturan untuk memungkinkan pengantaran lewat udara.

Bulan lalu, jaringan toko kelontong AS 7-Eleven Inc melakukan uji coba penggunaan pesawat nirawak komersial pertama untuk mengantarkan kopi, donat dan roti lapis ayam.

Domino's Pizza Enterprises Ltd melakukan pengantaran pizza dengan pesawat nirawak di Auckland, Selandia Baru, hari Kamis (25/8), dan setelahnya menyatakan ingin menjadi perusahaan pertama yang meluncurkan layanan pesawat nirawak reguler akhir tahun ini.

"Kita selalu mengatakan tidak masuk akal mengirim pesanan 2 kilogram dengan mesin seberat 2 ton," ujar CEO Domino's Don Meij dalam pernyataan tertulis.

Dengan langit bersih dan jumlah penduduk hanya 4,4 juta, Selandia Baru tahun lalu menjadi salah satu negara di dunia yang membolehkan pengantaran dengan pesawat nirawak komersial. [hd]

XS
SM
MD
LG