Tautan-tautan Akses

Sekutu Pemerintah India Tarik Dukungan Terkait Reformasi Ekonomi


Reformasi ekonomi yang diusulkan PM Manmohan Singh tidak mendapat dukungan sekutu politiknya di pemerintahan (foto: dok).

Reformasi ekonomi yang diusulkan PM Manmohan Singh tidak mendapat dukungan sekutu politiknya di pemerintahan (foto: dok).

Sekutu penting koalisi yang berkuasa di India telah menarik dukungannya dari pemerintah untuk memprotes reformasi ekonomi yang diumumkan baru-baru ini.

Ketua partai Kongres Trinamool, Mamata Banerjee mengatakan di Kolkata hari Selasa bahwa para menteri dari partainya akan mundur dari kabinet India hari Jumat.

Reformasi yang dipaparkan oleh Perdana Menteri Manmohan Singh minggu lalu termasuk membuka sektor retail negara itu untuk perusahaan-perusahaan asing yang membuka peluang modal asing ikut memiliki saham perusahaan lokal penerbangan dan menaikkan harga bahan bakar solar.

Partai Kongres Trinamool menentang keras masuknya investasi asing dalam sektor retail.

Pemerintahan Perdana Menteri Singh bergantung pada kekuatan Partai Trinamool di Parlemen dan kini harus mencari dukungan sekutu lainnya untuk mensahkan reformasi itu.

Partai-partai oposisi juga mengecam keras reformasi yang diumumkan minggu lalu itu. Partai nasionalis Hindu, Bharatiya Janata dan partai regional lainnya telah merencanakan mogok pada skala nasional dan sejumlah demonstrasi pada hari Kamis.
XS
SM
MD
LG