Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Serukan Pembebasan Segera Tawanan Kudeta Mali


Sekjen PBB Ban Ki-moon dalam suatu konferensi pers di Jenewa (Foto: dok).

Sekjen PBB Ban Ki-moon dalam suatu konferensi pers di Jenewa (Foto: dok).

Sekjen PBB ban Ki-moon menyerukan pembebasan segera tawanan Mali yang ditahan sejak kudeta militer bulan lalu, termasuk para pejabat tinggi pemerintahan.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan hari Rabu, Ban mendesak junta militer agar tidak merongrong usaha untuk memulihkan kekuasaan undang-undang dasar di Mali. Keprihatinan Ban tersebut menyusul berita bahwa mantan presiden Mali, Amadou Toumani Toure, sedang ditampung di kedutaan Senegal di ibukota Mali, Bamako. Lokasi Toure tidak diketahui sejak kudeta tanggal 22 Maret.

Hari Selasa, tentara di Mali menangkap paling sedikit tujuh tokoh politik dan militer terkemuka, beberapa di antaranya bersekutu dengan pemerintahan mantan presiden itu.

Junta militer Mali telah mengatakan mereka sedang bekerjasama dengan pemerintah transisi yang baru untuk mengembalikan negara itu kepada kekuasaan sipil, tetapi penangkapan tersebut telah menimbulkan pertanyaan tentang siapa yang sebenarnya berkuasa.

Presiden Senegal Macky Sall mengatakan kepada wartawan di Paris hari Rabu bahwa Toure tinggal di kediamanan dutabesar Senegal di Bamako. Tidak jelas mengapa mantan presiden itu tinggal di kedutaan atau berapa lama ia akan berada disana.
XS
SM
MD
LG