Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Tuntut Israel Cabut Blokade


Sekertaris Jenderal PBB Ban Ki-moon

Sekertaris Jenderal PBB Ban Ki-moon

Menurut Ban Ki-Moon, blokade Gaza yang sudah lama berlaku tersebut kontra-produktif, salah dan tak dapat dipertahankan.

Sekertaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menuntut kepada Israel agar segera mencabut blokade Gaza setelah penggrebekan maut oleh Israel terhadap kawanan kapal internasional yang mengangkut bahan bantuan untuk wilayah itu.

Ban mengatakan pada hari Rabu, blokade Gaza yang sudah lama berlaku tersebut kontra-produktif, salah dan tak dapat dipertahankan. Ia mengatakan kepada wartawan, ia sedang mempertimbangkan berbagai opsi untuk cara melaksanakan seruan Dewan Keamanan PBB akan penyelidikan independen mengenai insiden penyerbuan Israel terhadap konvoi kapal bantuan bagi Gaza. Pimpinan PBB tersebut juga meminta kepada pihak berwenang Israel agar memberi keterangan mereka mengenai pencegatan kapal pada hari Senin, yang menewaskan setidaknya sembilan orang aktivis dalam konvoi kapal tersebut.

Dewan HAM PBB menyetujui sebuah resolusi hari Rabu yang mengutuk apa yang disebutnya “serangan yang keterlaluan” oleh pasukan Israel. Dewan Keamanan mengatakan mereka akan mengirim tim independen untuk menyelidiki pelanggaran hukum internasional.

Sebelumnya pada hari Rabu, Wakil Presiden Amerika Joe Biden membela hak mutlak Israel untuk membela kepentingan keamanannya, termasuk menaiki kapal yang menuju Gaza guna mencegah penyelundupan senjata.

XS
SM
MD
LG