Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB: Taliban Mungkin Bersedia Dialog dengan PBB


Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan Taliban mungkin bersedia mengadakan pembicaraan untuk meminimalkan korban sipil di Afghanistan (foto: dok).

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan Taliban mungkin bersedia mengadakan pembicaraan untuk meminimalkan korban sipil di Afghanistan (foto: dok).

Sekjen PBB Ban Ki-moon hari Selasa mengatakan Taliban mungkin bersedia mengadakan pembicaraan dengan PBB untuk meminimalkan korban warga sipil di Afghanistan.

Sekretaris Jendral PBB Ban Ki-moon menyebut dua pernyataan dari pihak Taliban, yang disebabkan oleh laporan PBB baru-baru ini mengenai korban warga sipil, sebagai “mungkin mengisyaratkan keinginan untuk berdialog.”

Jurubicara PBB Farhan Haq mengatakan Ban merujuk pada dialog dengan PBB, bukan dengan pemerintah Afghanistan.

Menurut laporan PBB terbaru, 2.754 warga sipil Afghanistan terbunuh tahun 2012 – turun 12 persen dari 3.131 tahun 2011.

Namun, jumlah korban tewas pada paruh kedua tahun lalu meningkat, menunjukkan bahwa Afghanistan kemungkinan akan menghadapi kekerasan seterusnya sementara Taliban dan militan lainnya memperebutkan kekuasaan setelah penarikan mundur pasukan tempur Amerika dan sekutu tahun depan.

PBB mengatakan Taliban dan berbagai kelompok pemberontak lain bertanggung jawab atas 81 persen korban sipil yang tewas dan cedera tahun 2012, sebuah angka yang dibantah Taliban.

Sekjen PBB itu mengatakan ia terutama prihatin mengenai kenaikan 20 persen dalam jumlah korban sipil tewas di kalangan perempuan dan bocah perempuan tahun lalu.
XS
SM
MD
LG