Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB: Selesaikan Nuklir Iran Lewat Dialog


Sekjen PBB Ban Ki-moon (foto: dok).

Sekjen PBB Ban Ki-moon (foto: dok).

Menurut sekjen PBB Ban Ki-moon, jalan diplomasi adalah jalan yang paling tepat untuk menyelesaikan program nuklir Iran.

Sekjen PBB Ban Ki-moon menyerukan kepada Iran dan Barat agar menyelesaikan sengketa mengenai program nuklir Iran melalui pembicaraan bukan tindakan militer.

Seorang jurubicara Ban mengatakan hari Kamis bahwa diplomasi adalah satu-satunya cara menyelesaikan masalah itu. Laporan media Israel baru-baru ini mengatakan Israel telah mempertimbangkan serangan militer terhadap tempat-tempat nuklir Iran untuk menghentikan apa yang dicurigai Barat rencana Iran untuk membuat senjata nuklir.

Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan hari Kamis Iran akan membalas setiap serangan militer oleh Israel atau Amerika Serikat dengan “tangan besi.”

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta mengatakan tindakan militer terhadap Iran dapat menimbulkan akibat yang tidak dikehendaki. Panetta mengatakan serangan terhadap Iran tidak akan menghentikan ambisi nuklirnya, sementara menimbulkan dampak yang gawat terhadap kawasan itu dan terhadap pasukan Amerika.

Badan Energi Atom Internasional mengatakan pekan ini mereka mempunyai bukti yang layak dipercaya mengenai usaha Iran merancang senjata nuklir. Iran membantah tuduhan itu dan tetap mengemukakan program nuklirnya bertujuan damai. Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan hari Rabu Iran tidak akan mundur sedikitpun dari kegiatan nuklirnya.

XS
SM
MD
LG