Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB: Pemerintah Baru Birma Lakukan Perubahan Positif


Sekjen PBB Ban Ki-moon menyambut baik janji-janji reformasi dari Presiden Birma Thein Sein.

Sekjen PBB Ban Ki-moon menyambut baik janji-janji reformasi dari Presiden Birma Thein Sein.

Ban Ki-moon menyambut baik janji-janji reformasi dari Presiden Birma Thein Sein, dan menyarankan agar perubahan itu diterapkan pada waktunya.

Sekjen PBB mengatakan perubahan pemerintahan Birma tahun ini telah menciptakan peluang bagi wacana nasional yang lebih inklusif di negara itu. Namun menurutnya, masih terlalu dini untuk menyatakan apakah perubahan sungguh-sungguh sedang terjadi.

Dalam laporan kepada Majelis Umum PBB pekan ini, Ban Ki-moon menyatakan pemilu November lalu, walaupun cacat dan mengecewakan bagi banyak peserta, telah memungkinkan dilanjutkannya kegiatan politik yang sah setelah pemerintahan militer selama lima dekade.

Ban menyambut baik janji-janji reformasi dari Presiden Birma Thein Sein, tetapi ia mengatakan, ujian sesungguhnya adalah apakah perubahan itu diterapkan pada waktunya.

Ia juga mengemukakan tentang pembebasan dari penjara, pejuang pro-demokrasi Aung San Suu Kyi dan diizinkannya Suu Kyi terlibat dalam berbagai kegiatan publik. Ia memperingatkan bahwa setiap pembatasan terhadap gerakannya akan menimbulkan keprihatinan serius.

XS
SM
MD
LG