Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Optimis dengan Hasil KTT Iklim Paris


Sekjen PBB Ban Ki-moon saat memberikan pidato pada KTT Iklim di pinggiran Paris, 5 Desember lalu (foto: dok).

Sekjen PBB Ban Ki-moon saat memberikan pidato pada KTT Iklim di pinggiran Paris, 5 Desember lalu (foto: dok).

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan optimis sebuah perjanjian kuat dan ambisius akan dicapai pada KTT Iklim PBB yang berlangsung di dekat Paris.

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan banyak yang menyampaikan kepadanya bahwa perjanjian bisa dicapai dan sangat optimis. Ia berharap akan ada perjanjian yang kuat, ambisius dan universal yang menghormati semua aspirasi dari rakyat di seluruh dunia.

Ban Ki-moon hari Kamis (10/12) bertemu dengan sejumlah wakil kelompok-kelompok lingkungan dan menyampaikan terima kasih atas karya mereka sementara perundingan memasuki tahap-tahap akhir.

Sekjen PBB itu juga menerima petisi yang disampaikan kepadanya oleh koalisi organisasi masyarakat madani yang mendesak PBB berusaha mencapai kesepakatan iklim yang mengikat.

Mantan Wakil Presiden Amerika, penggagas dan penganjur lingkungan Al Gore mewakili penyerahan petisi itu.

Al Gore mengatakan sebagai pemimpin masyarakat madani, mereka menyampaikan suara lebih dari 6 juta orang di seluruh dunia yang menuntut agar para pemimpin menandatangani perjanjian yang akan mengalihkan dunia dari polusi karbon dan segera mengarah pada penyelesaian-penyelesaian iklim.

Para delegasi berupaya keras untuk mempersempit perbedaan menjelang tenggat waktu KTT hari Jumat. [my/jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG