Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Minta Tiongkok Bantu Pemilu di Sudan dan Birma


Sekjen PBB Ban Ki-moon desak Tiongkok untuk lebih berperan dalam membantu perbaikan negara-negara berkembang.

Sekjen PBB Ban Ki-moon desak Tiongkok untuk lebih berperan dalam membantu perbaikan negara-negara berkembang.

Ban mendesak Tiongkok agar menggunakan pengaruh untuk membantu perbaikan keadaan negara tetangga seperti Sudan dan Birma.

Sekjen PBB Ban Ki-moon meminta kepada Tiongkok agar membantu pemilu di Sudan dan Birma.

Dalam pidatonya hari Rabu di Beijing kepada para pemimpin partai yang berkuasa di Tiongkok, Ban mendesak Tiongkok agar menggunakan kekuatan yang baru diperolehnya untuk membantu negara-negara berkembang. Ia mengatakan kebangkitan Tiongkok sebagai kekuatan ekonomi datang dengan tanggung jawab.

Ban mengatakan pasukan Tiongkok di Sudan dapat membantu dukungan pada referendum bulan Januari mengenai apakah selatan akan memisahkan diri dari utara.

Ban juga meminta agar Tiongkok menggunakan pengaruhnya terhadap tetangganya di selatan, Birma, untuk memastikan bahwa negara itu bergerak ke arah masa depan yang lebih terbuka dan demokratis.

Organisasi-organisasi advokasi mengecam Ban sebelumnya pekan ini karena gagal membicarakan hak azasi manusia dalam pertemuannya dengan Presiden Hu Jintao di Beijing.

Sementara kecaman meningkat, PBB telah menambahkan bahwa Ban sebenarnya mengangkat topik hak azasi kepada para pemimpin lain Tiongkok, namun tidak menjelaskan lebih jauh siapa pemimpin tersebut.

XS
SM
MD
LG