Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Minta DK Bertindak untuk Akses Bantuan di Suriah


Sekjen PBB Ban Ki-moon (Foto: dok).

Sekjen PBB Ban Ki-moon (Foto: dok).

Para pimpinan badan-badan kemanusiaan PBB mengeluarkan pernyataan bersama hari Rabu (24/4) yang mengatakan kedua pihak menghambat akses bantuan di Suriah.

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan Dewan Keamanan PBB harus mengambil langkah untuk menindak apa yang disebutnya “pelanggaran terang-terangan” terhadap hukum internasional di Suriah, dimana jutaan orang tidak dapat memperoleh bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan.

Dalam laporan baru kepada Dewan, Ban mengatakan baik pemerintah Suriah maupun laskar pemberontak tidak memberi akses kemanusiaan sebagaimana dituntut dalam resolusi Dewan Keamanan yang disepakati bulan Februari.

Ia mengatakan pihak-pihak yang berperang juga harus menghentikan pengepungan mereka terhadap daerah-daerah berpenduduk, dan menyebutnya keterlaluan bahwa manusia dipaksa hidup dalam keadaan seperti itu.

Para pimpinan badan-badan kemanusiaan PBB mengeluarkan pernyataan bersama hari Rabu (24/4) yang mengatakan kedua pihak menghambat akses bantuan di Suriah, dimana kondisi kemanusiaan setiap harinya semakin memburuk. Mereka menyerukan kepada pemberontak dan pasukan Suriah agar memastikan setiap orang yang membutuhkan dapat memperoleh bantuan dan menghentikan pemboman dan penembakan artileri terhadap warga sipil.
XS
SM
MD
LG