Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Kunjungi Kamp Pengungsi di Irak


Sekjen PBB Ban Ki-Moon berbicara dengan seorang anak perempuan Suriah di kamp pengunsgi Kawrgosik di dekat Erbit – daerah Kurdi Irak, hari Selasa (14/1).

Sekjen PBB Ban Ki-Moon berbicara dengan seorang anak perempuan Suriah di kamp pengunsgi Kawrgosik di dekat Erbit – daerah Kurdi Irak, hari Selasa (14/1).

Ban Ki-Moon hari Selasa (14/1) melakukan kunjungan ke kamp pengunsgi Kawrgosik di dekat Erbit – daerah Kurdi Irak yang menampung lebih dari 200 ribu pengungsi Suriah.

Sekjen PBB Ban Ki-Moon hari Selasa (14/1) berjanji akan membawa bantuan kemanusiaan untuk para pengungsi Suriah, dengan mengatakan kondisi kamp pengungsi yang dilihatnya di daerah Kurdi – Irak “sangat mengenaskan”.

Ban Ki-Moon menyampaikan pernyataan itu dalam kunjungannya ke kamp Kawrgosik di dekat Erbit – daerah Kurdi Irak, di mana pemerintah lokal menampung lebih dari 200 ribu pengungsi Suriah.

Sekjen PBB Ban Ki-Moon menambahkan beberapa keluarga menyampaikan kepadanya bagaimana perjuangan mereka untuk tetap hidup dan menemukan orang-orang yang mereka cintai. Ia mengatakan keluarga-keluarga itu kini hidup dalam ketakutan dan ketidakpastian akan masa depan mereka, dan menambahkan masyarakat internasional seharusnya mendukung para pengungsi itu hingga bisa kembali ke rumah mereka.

Ban Ki-Moon mengatakan ia berencana untuk melangsungkan konferensi bantuan kemanusiaan hari Rabu di Kuwait, menjelang konferensi perdamaian internasional pekan depan di Jenewa. Ia menambahkan PBB akan berupaya memperoleh semua bantuan kemanusiaan bagi para pengungsi – termasuk tenda, air bersih, sarana sanitasi, pendidikan dan persediaan untuk menghadapi cuaca dingin.

Ban Ki-Moon juga mengadakan pertemuan dengan beberapa pemimpin Irak terkait masalah ini.
XS
SM
MD
LG